Cara Melestarikan Budaya Indonesia

Beragamnya budaya Indonesia dapat terlihat dari banyaknya tarian daerah, bahasa daerah, kesenian daerah, dan juga ritual-ritual daerah yang berbeda-beda setiap sukunya,. Namun, sayangnya budaya Indonesia mulai memudar. Terbukti dengan adanya suku-suku yang hampir punah seperti suku yang ada di Kepulauan Mentawai, bahkan telah ada beberapa suku yang telah punah. Punahnya suku-suku tersebut jelas disebabkan karena budaya suku yang tidak dilestarikan lagi. Lalu, bagaimana cara melestarikan budaya tersebut?

Kenali Budaya

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya yang telah ada. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengenali budaya yang ada. Dengan mengenal budaya anda, paham apa saja budaya yang diwariskan nenek moyang, kamu akan lebih mudah untuk melestarikan budayamu karena kamu
Dalam hal ini, ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mengenali budaya anda.
1. Mencari tahu tentang budaya anda
2. Mengikuti kegiatan budaya
3. Bergabung dalam komunitas

Ajarkan Budaya kepada Orang Lain

Setelah mengenal betul budaya kamu, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar akan ada makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut.
1. Mengajar di sekitar lingkungan anda
Untuk melakukan ini, kamu bisa membuka sebuah kelas khusus budaya.
2. Mengajar di sekolah
Selain membuka kelas budaya di sekitar lingkungan anda, anda pun bisa berbagi pengetahuan tentang budaya dengan anak-anak sekolah.

Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk terus melestarikan budaya yang ada ialah dengan memperkenalkan budayamu ke luar negeri. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup sulit. Namun, sebenarnya, hal ini sangatlah mudah untuk dilakukan apalagi dengan berbagai teknologi canggih saat ini. Jadi, ada berbagai hal yang dapat kamu lakukan jika anda ingin memperkenalkan budayamu ke luar negeri.
1. Memposting kesenian lokal di media sosial anda
2. Mengenakan produk budaya lokal anda di luar negeri
3. Mengekspor barang hasil kesenian budaya lokal

Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Untuk terus melestarikan budaya lokal yang kamu miliki, hal yang harus dilakukan adalah jangan sampai mudah terperngaruh dengan budaya asing. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada era globalisasi ini, budaya asing sangatlah mudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena peran Indonesia dalam ASEAN.
1. Jadikan budaya sebagai identitas diri
Artinya ialah rasa bangga terhadap budaya lokal yang kamu miliki dan kelebihan Indonesia di mata dunia Internasional. Dengan rasa bangga itulah kamu tidak akan mudah terpengaruh dengan budaya asing yang masuk ke Indonesia.
2. Memilah kebudayaan asing
Hal kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan memilah dan memilih kebudayaan asing yang datang ke Indonesia. Nyatanya, tidak semua kebudayaan asing ini memberikan dampak positif terhadap budaya lokal.
Dari penjelasan yang telah dibahas diatas, ada empat cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sekaligus melestarikan budaya lokal Indonesia. Yang pertama adalah dengan mengenali budaya lokal melalui memperbanyak bacaan tentang budaya lokal, mengikuti acara-acara kebudayaan, dan bergabung dalam komunitas budaya. Selanjutnya adalah dengan mengajarkan budaya lokal kepada anak-anak dan remaja sebagai generasi muda yang akan mengemban tugas untuk menjaga budaya lokal di masa yang akan datang. Selain itu, memperkenalkan budaya lokal kepada orang luar negeri menjadi langkah selanjutnya untuk menjaga budaya agar tidak punah, dan terakhir adalah jangan sampai mudah terperngaruh budaya asing yang bisa membuat budaya lokal dilupakan. Dengan cara-cara tersebut, budaya lokal yang kamu miliki tidak akan mudah dilupakan dan akan tetap terjaga.
Sumber : https://guruppkn.com/cara-melestarikan-budaya

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

music

cursor

Heartless Background

animasi

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.